TOPNEWS - Para buruh hari ini, Senin (20/01/2020) menggelar aksi demo tolak omnibus law di depan DPR, Senayan, Jakarta. Para polisi pun telah bersiaga bersama dengan mempunyai 6.000 personel. Lantas, omnibus law itu apa?

Pemerintah akan mengajukan dua RUU omnibus law cipta lapangan kerja dan omnibus law perpajakan kepada DPR. Kedua peraturan tersebut dikenal termasuk bersama dengan nama UU Sapu Jagat. Apa artinya?

BACA JUGA:
Lika Liku Perjalanan Asmara Ponari Si Bocah Ajaib, Hingga Menikah
Hasil Keterangan Dari Korban Selamat Kecelakaan Bus di Ciater Subang
Bunuh Begal Yang Akan Perkosa Pacar, Pelajar Ini Terancam Hukuman Penjara Seumur Hidup


Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) omnibus law merupakan jawaban dari keluh kesah para pelaku usaha yang sepanjang ini tidak bebas dalam berekspansi. Rencananya, UU omnibus law akan merevisi 1244 pasal dari 79 UU.

Maka dari itu, omnibus law bermakna adalah peraturan yang disiapkan manfaat memperkuat perekonomian nasional melalui perbaikan ekosistem investasi dan energi saing Indonesia, terutama dalam hadapi ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global.

Adapun, omnibus law cipta lapangan kerja mencakup 11 klaster dari 31 kementerian dan instansi terkait. Adapun, 11 klaster tersebut adalah 1) Penyederhanaan Perizinan, 2) Persyaratan Investasi, 3) Ketenagakerjaan, 4) Kemudahan, Pemberdayaan, dan Perlindungan UMKM, 5) Kemudahan Berusaha, 6) Dukungan Riset dan Inovasi, 7) Administrasi Pemerintahan, 8) Pengenaan Sanksi, 9) Pengadaan Lahan, 10) Investasi dan Proyek Pemerintah, dan 11) Kawasan Ekonomi.

Sedangkan, omnibus law perpajakan mencakup 6 pilar, yakni 1) Pendanaan Investasi, 2) Sistem Teritori, 3) Subjek Pajak Orang Pribadi, 4) Kepatuhan Wajib Pajak, 5) Keadilan Iklim Berusaha, dan 6) Fasilitas.

BACA JUGA:
7 Kelakuan Kocak Saat di ATM Ini Bikin Tepuk Jidat,Sungguh Terlalu!
7 Foto Kocak Kombinasi Wajah Orang dan Uang Kertas Ini Bikin Ngakak
5 Potret Ekspektasi Makanan Tak Sesuai Realita Ini Bikin Geleng Kepala


Omnibus law sendiri telah masuk dalam program Legislasi Nasional (Prolegnas) Super Prioritas 2020. Jokowi termasuk menghendaki DPR bisa merampungkan UU omnibus law dalam waktu 100 hari.

"Kita harapkan DPR mohon segera merampungkan (UU omnibus law) maksimal 100 hari. Cepat sekali jika ini terjadi. Saya akan angkat dua jempol jika DPR bisa merampungkan ini dalam 100 hari," ungkap Jokowi waktu menghadiri acara pertemuan tahunan industri jasa keuangan Tahun 2020 di grand ballroom, The Ritz Carlton Pacific Place (PP), Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Nah, semoga dari penjelasan di atas semua sobat 7rekor.top tahu mengenai arti dari Omnimbus Law yah!

Bandarq |Dominoqq | Agen Bandarq | Agen Dominoqq | Agen Poker Terpercaya |Bandar Domino Online