7 Pantangan Saat Menstruasi ini Masih Banyak yang Belum Paham Alasannya. Kan Demi Asetmu Juga~



7 CARA - Bagi para cewek, menstruasi adalah kondisi rutin yang harus dihadapi setiap bulannya. Gagalnya proses pembuahan ini membuat tubuh mengalami beberapa respon yang nggak mengenakkan. Mulai dari nyeri perut, nggak nafsu makan, hingga mual kerap kali dirasakan ketika menstruasi. Akibatnya, tubuh jadi mudah lemas dan malas untuk melakukan banyak aktivitas.

Tubuh yang lemas ini bisa jadi dipicu oleh aktivitas yang kamu lakukan saat menstruasi — yang sebenarnya jadi pantangan. Melansir dari beberapa sumber, berikut hal-hal yang nggak boleh kamu lakukan saat menstruasi.

1. Saat menstruasi, cewek cenderung pengen ngemil makanan asin, padahal justru harusnya dihindari



Menurut Dr Angela Jones dalam laman Bustle, makanan asin berkontribusi pada retensi atau penahanan air di organ pencernaan. Akibatnya, perut jadi nggak nyaman dan kembung. Makanan asin juga bisa memperburuk kram perutmu.

BACA JUGA:
Seorang Nenek Buta Huruf Ditipu Tetangga, Rumahnya Dibeli Seharga 300 Ribu
7 Potret Pemuda Tidur di Kebun Ini Bikin Tepuk Jidat
5 Gaya Pacaran Nikita Mirzani dan Betsalel yang Disorot, Terbaru Cium Dada!

2. Jangan juga lakukan waxing saat menstruasi, sebab bisa menyebabkan rasa nyeri



Penurunan hormon estrogen dan progesteron bikin kulit jadi lebih sensitif dan mudah merasakan sakit. Kalau kamu waxing, bisa-bisa anggota tubuh yang di-waxing tadi bakalan mudah nyeri. Hal ini juga berlaku ketika mencabut alis atau bulu halus lainnya.

3. Untuk menjaga kebersihan area intim, hindari pemakaian pembalut atau tampon selama lebih dari 4 jam



Ganti pembalutmu setiap tiga hingga empat jam sekali untuk menghindari bau dan penumpukan bakteri. Bakteri yang menumpuk bisa menyebabkan infeksi pada alat kelaminmu lo. Apalagi kalau darah mens lagi keluar banyak-banyaknya. Untuk itu, bawalah persediaan pembalut ke manapun kamu pergi biar bisa segera ganti ketika sudah waktunya ganti.

4. Selama menstruasi, kamu nggak disarankan untuk mengonsumsi produk olahan susu



Lemak dalam susu mengandung asam arakidonat yang memproduksi prostaglandin — diyakini sebagai pemicu kram perut. Jika dikonsumsi berlebihan, susu dan produk olahannya bisa bikin perutmu jadi makin terasa kembung dan mual.

5. Sudah tahu belum kalau minum teh banyak-banyak saat menstruasi itu bahaya buat kesehatanmu?



Teh mengandung zat tanin yang bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh, melansir laman Klik Dokter. Kalau diminum saat menstruasi, pembentukan sel darah merahmu bakal terganggu. Akibatnya, stok darah pun menipis dan kamu jadi mudah anemia. Padahal menstruasi kan lumayan menguras stok darah merahmu, duh~

BACA JUGA: 
Ada Berita Orang dengan 4 Ginjal, Respons Warganet ini Bikin Ngakak di Luar Dugaan. Terlalu Santuy
7 Rekor Dunia Dari Indonesia
7 Alasan Putus Paling Nggak Masuk Akal Versi Warganet. Kadang Kita Cuma Cari Pembenaran buat Pisah

6. Melakukan pemeriksaan payudara ketika menstruasi sedang berlangsung itu percuma lo jadinya~



Fluktuasi estrogen dan progesteron saat menstruasi bikin payudara jadi lebih sensitif. Kalau kamu periksa payudara saat menstruasi, mammogram pun jadi sulit mendeteksi perkembangan dalam jaringan di payudara. Kamu nggak akan mendapatkan hasil yang cukup akurat, jadinya ya percuma.

7. Kalau lagi menstruasi, usahakan untuk nggak begadang dulu. Kecuali kamu mau kram perutmu nggak cuma di hari pertama-kedua aja~



Kurang tidur bisa meningkatkan hormon kortisol yang jadi penyebab stres. Hormon yang nggak seimbang ini nantinya bisa memperparah kondisi perutmu yang lagi nggak karuan itu. Mending jam tidurnya lebih teratur aja deh kalau lagi menstruasi.

Banyak cewek yang belum tahu mengenai pantangan-pantangan saat menstruasi di atas. Sekarang, please jangan sepelekan lagi, ya. Mengingat menstruasi merupakan hal vital yang mestinya kita jaga siklus dan prosesnya. Kalau menstruasimu lancar, aset masa depanmu kan bisa terjaga nantinya.


BandarQ |Agen Domino | Domino 99 | Agen BandarQ | Situs Judi Online Terpercaya

Posting Komentar

0 Komentar

//---------